Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1438 H di Perguruan Yaspida Sukabumi

Sukabumi, 01 September 2017 - Pondok Pesantren Terpadu Darussyifa Al-Fithroh Perguruan Yaspida Sukabumi kembali melaksanakan Rutinitas tahunannya yaitu Pemotongan Hewan Qurban di hari Raya Idul Adha, Pondok Pesantren Terpadu Darussyifa Al-Fithroh Perguruan Yaspida Sukabumi sangat antusias dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha dengan mengadakan rangkaian acara menuju hari H. Rangkaian acara tersebut meliputi dan Do’a bersama di bulan Dzulhijjah di hari kesembilan yaitu hari Arofah, Malam Takbiran, dan Acara Penyembelihan, Pemotongan, dan Pembagian Daging Qurban.

Kegiatan pertama yaitu Do’a bersama santri di bulan Dzulhijjah hari kesembilan yaitu hari Arofah yang dilaksanakan pada hari kamis, tanggal 31 agustus 2017, pukul 15.30. Dilanjutkan dengan rutinitas pengajian Asyar.

Kegiatan selanjutnya yaitu Malam Takbiran yang dimulai selepas ba’da isya yang diikuti oleh Seluruh Keluarga Civitas Akademika Perguruan Yaspida Sukabumi di Mesjid Nurul Fitroh.

Alhamdulillah pada hari Jum’at, 01 September 2017 telah berlaksana kegiatan sholat Idul Adha dilanjutkan dengan kajian islam yang bertemakan cerita asal muasal Hari Raya Idul Adha di Lapangan Arofah Jadid, Kajian ini diikuti oleh Santri, Guru dan Karyawan di Perguruan Yaspida Sukabumi.

Pada kesempatan tersebut Dr. KH. E. Supriatna Mubarok, M.Sc., MM. mengungkapkan sepatah dua patah kata Yaitu “hari ini kita akan melaksanakan pemotongan hewan qurban, yang diberikan amanah kepada kita, insyaallah pemotongan sekitar 28 ekor sapi dan 4 ekor kambing yang isnyaallah itu adalah hak para mustami untuk mendapatkan hewan qurban, dan mudah-mudahan ini adalah sebuah bentuk pembelajaran karna suatu saat kalianlah yang akan menjadi pemimpin, kalianlah yang akan menjadi ulama’ul a’milin, kalianlah yang akan menjadi suri tauladan dari seluruh masyarakat, sehingga kalian belajar seperti apa Idul Adha di pondok pesantren. Ini semua karena santri, kesholehan santri, ketawaduan santri, kebaikan santri, d’oa santri, sehingga allah memberikan satu kepercayaan besar kepada darussyifa alfitroh perguruan yaspida sukabumi ini, orang tiba-tiba menitipkan sapi jauh-jauh hanya untuk qurban di pondok pesantren darussyifa ini, termasuk ada qurban guru, qurban keluarga besar dari pada darussyifa itu sendiri”.

Berlanjut pemotongan hewan Qurban di Perguruan Yaspida Sukabumi. Kegiatan tersebut berlangsung dari pukul 08.00 WIB s.d 17.00 WIB yang mana dihadiri oleh Seluruh Santi, Guru dan Karyawan Perguruan Yaspida Sukabumi.

Alhamdulillah, tahun ini jumlah hewan qurban adalah 28 ekor sapi dan 4 ekor kambing. Acara pemotongan hewan qurban di laksanakan langsung oleh Dewan Pembina Perguruan Yaspida Sukabumi yaitu Dr. KH. E. Supriatna Mubarok, M.Sc.,MM. dibantu oleh Para Karwayan dan Santri senior. Acaranya meliputi pemotongan, pengulitan, pencacahan dan penimbangan hewan qurban yg akan dibagikan, dan pembagian daging qurban ke seluruh santri dan warga setempat yang berlokasi dekat dengan Pondok Pesantren Salafiyah Terpadu Darussyifa Al-Fitroh Perguruan Yaspida Sukabumi, warga yang terhitung berjumlah 2000, santri sekitar 1200 dari 3200 santri yang tidak pulang, Guru dan Karyawan sekitar 337. Selanjutnya di lanjutkan dengan sholat jum’at dan dzuhur berjamaah. Selain itu juga ada kegiatan memasak, membakar sate, dan makan siang bersama Dewan Pembina Perguruan Yaspida Sukabumi. – Nilam Cahya