Kurikulum, Metode Pengajaran, dan Tenaga Pendidik

 

Kurikulum

Kurukulum yang digunakan SD IT, SMP IT, SMK Terpadu (Teknologi & RPL, Bisnis & Manajemen, Teknologi Informatika, Kesehatan dan Teknologi Pertanian) dan SMA Plus, MTs Plus, MA Plus Yaspida adalah kurikulum Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Kurikulum Kementerian Agama yang dipadukan dengan kurikulum Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Perguruan Yaspida Sukabumi yang berbasis pada Kurikulum Keterpaduan, Kemasyarakat dan Kompetensi,Tahfidz Al-Qur'an, target hafalan 30 Juz, Mufradat/Vocabulary, Muhadatsah/Conversation, Muhadlarah. Speech Monitoring, program pendampingan anak secara khusus oleh guru dalam pembinaan Akhlak, Ibadah, dan Muamalah.

Metode Pengajaran

Penerapan sistem belajar Active Learning and Creative Learning yang menitikberatkan pada keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Penyampaian materi oleh para guru dilakukan secara sederhana, aktif, menarik, kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Sebagai motivasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dilakukan berbagai upaya. Antara lain: perbaikan dan pengayaan, pembinaan akhlak secara khusus, konseling terpadu yang melibatkan orang tua dan siswa serta masyarakat lingkungan.

Tenaga Pendidik

Tenaga pendidik berasal dari lulusan S1, S2, dan S3 berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta. Para Pendidik mempunyai tugas dan kewajiban sebagai Mudarris, Murobbi dan Mudabbir yang membimbing sanrti dengan menggunakan metode menarik, bervariasi sehingga dapat meningkatkan minat, konsentrasi dan kemampuan santri dalam menyerap materi pembelajaran.